Rabu, 28 Desember 2011

Teachers’ Simulation on Developing Problem Solving-Based Mathematics Textbook in Vocational Senior High School Mathematics Teaching in Indonesia.

By : Dr. Marsigit, M.A.

The psychological aspect that found
Reviewed by : Nita Dewi Rahmawati / International Mathematics Education / 10313244015

Ketersediaan buku menjadi hal penting, guna meningkatkan kualitas belajar-mengajar. Program untuk menyediakan kebutuhan buku-buku yang berisi pemecahan masalah tidak harus dengan cara monopoli oleh satu atau beberapa lembaga, tetapi dengan membiarkan sekolah-sekolah memilih kebutuhan mereka sendiri. Sehingga setiap sekolah dapat menyesuaikan kebutuhan buku di sekolah maing-masing. Selain itu siswa juga di beri kebebasan untuk memilih buku sesuai daya tangkap setiap siswa. Namun pengadaan buku ini terkadang menemui beberapa kendala. Seperti halnya yang terjadi di Indonesia, kurangnya keterampilan guru untuk menghasilkan buku yang berkualitas, sulitnya guru mengelola dan mengalokasikan waktu, minimnya dana, referensi yang kompeten, serta menggali ide atau konsep buku yang ingin di buat. Upaya untuk mengembangkan buku sebagai acuan materi pembelajaran harus menggunakan kriteria buku teks yang baik, seperti pengembangan buku tingkat SMP. Guru harus memiliki gambaran yang jelas bagaimana merencanakan dan melaksanakan pembelajaran nantinya di kelas. Buku yang di buat pun  harus sesuai dengan kebutuhan siswa, sehingga siswa mudah memahami isi buku tersebut. Isi buku pun harus mengembangkan pola pikir siswa seperti pengembangan keterampilan,isi yang relevan, peran teknologi serta komukasi matematika. Salah satu solusi untuk memecahkan masalah tentang pengembangan teks buku matematika untuk tingkat SMP adalah trial and error, membuat diagram, mencoba masalah dari yang sederhana, membuat tabel, mencari pola,dan berfikir logis.

0 komentar:

Posting Komentar