By : Marsigit *) & Ida Supadmi %)
The psychological aspect that found
Reviewed by : Nita Dewi Rahmawati / 10313244015
Cara untuk meningkatkan motivasi siswa SMP belajar matematika adalah dengan membuat proses pembelajaran matematika menyenangkan dan menarik yaitu dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Mengoptimalkan penggunaan alat peraga yang diharapkan dapat membantu proses pemikiran abstraksi dari siswa, yang menjadi penyebab siswa sulit dalam belajar. Penelitian bertujuan untuk mengatasi masalah yang dijumpai di kelas 2 SMP 5 Wates, Kulon Progo, Yogyakarta, Indonesia. Pemilihan pendekatan pembelajaran dan penggunaan alat peraga yang digunakan sebagai model dalam penelitian pembelajaran matematika melalui penelitian tindakan kelas. Objek pembelajaran ialah pemilihan dan penggunaan beberapa alat peraga sebagai model pembelajaran matematika guna meningkatkan motivasi siswa.
Hasil penelitian bahwa dengan menggunakan alat peraga berupa papan paku, bermain kartu, kertas transparansi, benang sipat, tiga belah kayu dapat digunakan sebagai contoh dalam proses peningkatan pembelajarn matematika untuk meningkatkan motivasi siswa belajar matematika. Hal itu terbukti membuat siswa aktif saat mengerjakan lembar kerja di sesi Tanya jawab dan diskusi.
Kesuksesan proses belajar mengajar Matematika tidak jauh dari peran guru sebagai informatory, komunikator dan fasilitator. Metode pengajaran yang digunakan guru dapat meningkatkan interaksi antara guru,siswa dan pencapaian pembelajaran. Sampai detik ini, kita masih saja mendengar bahwa siswa menganggap matematika sebagai pelajaran yang menakutkan, tidak menyenangkan dan sulit serta tidak ada hubungannya dengan kehidupan sehari-hari. Terbuktikan dengan hasil nilai Ujian Akhir Nasional,yang masih menunjukkan nilai yang sangat rendah, namun masih ada siswa yang menyukai matematika terbuktikan dengan pencapaian yang bagus.
Dalam sikap siswa dipengaruhi oleh 2 faktor,yaitu eksternal dan internal (Winoto Putro, 1993:33). Seperti aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar juga mempengaruhi 2 faktor di atas. Faktor eksternal siswa,guru harus memotivasi siswa seperti yang skema dari Ki Hajar Dewantoro,”Ing Madyo Mangun Karso”,yang berarti guru harus meningkatkan motivasi siswa (Mugiharso, 1993). Dengan kata lain,guru harus kreatif. Juga harus ada diskusi antara individual dan kelompok,yang berhubungan dengan “Tut Wuri Handayani” yang berarti guru harus tetap mendampingi mereka dan mengajak siswa menemukan jalan bagi mereka,tetapi masih memberikan koreksi jika dibutuhkan
Berdasarkan penelitan bahwa dengan bantuan alat peraga dapat meningkatkan motivasi siswa belajar matematika. Saran yang diberikan guru harus menggunakan variasi metode untuk memotivasi siswa agar mereka tidak bosan dan selalu melakukan alat peraga secara optimal untuk menjelaskan konsep,ide,definisi.
0 komentar:
Posting Komentar