Rabu, 28 Desember 2011

PROMOTING LESSON STUDY AS ONE OF THE WAYS FOR MATHEMATICS TEACHERS PROFESSIONAL DEVELOPMENT IN INDONESIA:


The Reflection on Japanese Good Practice of Mathematics Teaching Through VTR, 2002-2005

Oleh : Dr. Marsigit, M.A.

The psychological aspect that found
Reviewed by : Nita Dewi Rahmawati / International Mathematics Education / 10313244015

            Seperti yang telah diterapkan di Jepang pembelajaran matematika menggunakan media VTR tenyata lebih ampuh dalam pembelajaran. Selain siswa lebih kreatif, pembelajaran dengan media VTR juga akan meningkatkan dan memotivasi guru. Model pembelajaran ini di anggap yang paling baik untuk pembelajaran matematika di Indonesia, meskipun tidak dipungkiri banyak kendala mendasar yang harus diatasi jika model pembelajarn ini akan diterapkan di Indonesia. Kendala yang di hadapi seperti rencana pembelajaran, lembar kerja, kompetensi siswa dan guru, kesiapan siswa, fasilitas dan peralatan pendidikan, metodologi pembelajaran, alokasi waktu, jumlah siswa yang relatif besar di setiap kelas. Media pembejaran ini sebenarnya tidak hanya untuk matematika. Dengan menggunakan media ini pembelajaran di kelas tidak membosankan, melainkan inovatif dan menarik siswa untuk ikut berperan secara aktif dalam kegiatan belajar-menggajar. Untuk itu diperlukan kerjasama antara Universitas, institut pelatihan guru, Depdiknas dan Direktorat Pendidikan untuk meningkatkan kompetisi guru guna mendukung kurikulum berbasis kompeten ini. Dengan pengembangan media VTR ini diharapkan pemahaman siswa terhadap suatu materi pembelajaran khususnya matematika lebih tinggi. Selain itu pembelajaran ini akan meningkatkan kualitas guru menjadi guru yang lebih profesional.

0 komentar:

Posting Komentar