By : Marsigit
The psychological aspect that found
Reviewed by : Nita Dewi Rahmawati / International Mathematics Education / 10313244015
Ada fakta-fakta yang kuat bahwa aktivitas belajar siswa meningkatkan antusiasme,motivasi,aktivitas,dan penampilan siswa. Serta meningkatkan profesionalisme guru dalam penampilan pengajaran,variasi metode pengajaran, kerjasama. Dosen mendapatkan pengetahuan mengenai masalah yang dihadapi guru. Inilah saatnya guru berganti shift dari berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa. guru mengembangkan metode mengajar berdasarkan penggunaan materi dalam kehidupan sehari-hari. Siswa aktif belajar dan terlibat dalam diskusi untuk saling menukarkan ide. Siswa menikmati matematika selama aktivitas belajar mengajar. Berdasarkan tanggapan siswa,pelajaran tidak terlalu formal, isinya mudah dipelajari, siswa dapat mengekspresikan ide mereka, siswa mendapat banyak waktu untuk berdiskusi dengan teman sekelas mereka, lebih banyak percobaan matematika. Guru mendapatakan metode alternatif untuk mengajak siswa belajar dan membentuk konsep mereka sendiri. Kompetisi meningkat antar kelompok siswa dalam mepresentasikan hasil pekerjaan mereka dan mempertahankan presentasi mereka.
Sebagai hasil aktivitas belajar dan pertukaran pengalaman mendatangkan saran bahwa untuk meningkatkan pengajaran matematika di Indonesia, hal itu dibutuhkan penyampaian pesan kepada pemerintah,guru dan kepala sekolah. Untuk mempromosikan praktik yang bagus dari pengajaran matematika, guru membutuhkan upaya en-culture dalam inovasi proses belajar mengajar yang ditemukan dalam kebutuhan akademik siswa, mendorong siswa menjadi pembelajar yang aktif, mengembangkan variasi strartegi pengajaran, mengembangkan pengajaran variasi materi, dan mengembangkan evaluasi pengajaran. Dalam pengembangan metode belajar mengajar, guru membutuhkan: scenario rencana pengajaran, rencana aktivitas siswa, rencana peran guru,distribusi tugas,pengembangan taksiran metode,dan monitor terhadap kemajuan pencapaian siswa. Untuk mengembangkan pengalaman mereka,guru juga membuhkan partisipasi yang sering dalam seminar dan workshop. Dengan menggunakan materi pengajaran dapat membuat guru lebih efisien dalam proses belajar mengajar. Siswa menikmati proses belajar karena mereka dapat meningkatkan penelitian dan melakukan suatu hal. Materi pengajaran juga meningkatkan motivasi siswa dan ketertarikan dalam mempelajarinya.
Meskipun banyak macam materi pengajaran yang dikembangkan melalui aktivitas belajar, masih banyak topik yang dibutuhkan atau dimiliki untuk materi pengajaran yang lebih baik.
0 komentar:
Posting Komentar